Pengertian, penyebab dan pengobatan wasir yang wajib anda tahu!

Pengertian, penyebab dan pengobatan wasir yang wajib anda tahu! - Hallo sahabat Cara Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat Paling Ampuh , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian, penyebab dan pengobatan wasir yang wajib anda tahu! , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Learn , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian, penyebab dan pengobatan wasir yang wajib anda tahu!
link : Pengertian, penyebab dan pengobatan wasir yang wajib anda tahu!

Baca juga


Pengertian, penyebab dan pengobatan wasir yang wajib anda tahu!


wasir-penyakit-dubur-menyiksaSaya belum pernah mengalami wasir, namun mendapat cerita dari teman saya yang terserang wasir, saya jadi miris jika membayangkan. Terlebih setelah Paman saya sendiri yang terkena wasir. Jadi takut sendiri setelah mendapat kisahnya.

Namun sebenarnya kita tidak perlu takut berlebihan. Apalagi sampai paranoid. Karena penyakit ini lebih tepat sebagai gangguan saja. Namun karena kadang-kadang gejala wasir ini menimbulkan rasa sakit, membuat orag menjadi takut terkena gangguan ini.

Jadi wasir adalah sebuah keadaan dimana terjadi pembengkakan atau iritasi pada bibir anus yang disebabkan oleh keadaan tertentu. Keadaan tertentu itu bisa karena kerasnya kotoran maupun kesalahan gerakan dalam olahraga. Untuk penyebabnya akan dijelaskan kemudian.

Jenis Wasir

Wasir bisa disebut juga ambeien atau hemoroid, bisa di bagi menjadi dua. Wasir internal dan eksternal.
Wasir Internal adalah wasir yang letak pembengkakannya ada di dalam dubur. Pembengkakan terjadi dalam salah satu bagian dari usus besar yaitu rektum. Meski rectum adalah bagian terluar dari usus besar, namun tetap saja letaknya di dalam anus sehingga tidak bisa dilihat. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Jenis wasir ini hanya bisa dideteksi jika diketahui ada darah saat buang air besar.

jenis-wasir-hemoroid-ambeien
wasir berdasarkan letak wasir
Masalahnya jadi runyam, bila wasir internal ini membesar dan keluar ke bibir anus, hal ini akan menyebabkan kesakitan yang sangat. Wasir yang terlihat berwarna merah muda ini setelah sembuh dapat masuk sendiri, namun sering pula wasir ini tidak bisa masuk sendiri sehingga harus didorong masuk secara manual.

Jenis wasir kedua adalah wasir eksternal. Wasir ini menyerang anus. Jenis wasir seperti ini akan menimbulkan rasa sakit, perih dan gatal.  Dalam tingkat lanjut wasit eksternal mengakibatkan penggumpalan (trombosis), yang menjadikan wasir berwarna biru keunguan.

Kadang-kadang, wasir bisa juga menyabakan keluarnya lendir bercampur darah. Jika darah terlalu banyak penderita akan terancam kekurangan darah (anemia). Langkah transfusi darah mungkin merupakan pilihan yang sangat tepat untuk menggantikan darah yang banyak keluar. Karena sering teriritasi mungkin sel-sel dubur akan berumah menjadi sel kangker jika tidak ditangani secara serius.

Selain fisik, yang akan diserang oleh wasir adalah psikisnya. Kebanyakan orang yang terkena wasir akan mengalami ketakutan yang mendalam saat akan BAB, karena takut mengalami rasa sakit. Sehingga setelah BAB pun terasa masih ada kotoran/feses yang belum dikeluarkan. Perut terasa mau jebol karena banyak tinja yang tertahan akibat takut mengalamai rasa sakit saat buang air besar.

Penyebab wasir

Sejumlah sebab bisa di vonis sebagai biang keladi penyakit bernama wasir. Beberapa sebab itu adalah

1. Konstipasi

Konstipasi atau sulit buang air besar adalah faktor umum seseorang terserang wasir. Orang yang mengalami sulit buang air besar itu biasanya karena kotoran keras. Nah, karena keras inilah proses pengeluaran kotoranpun sangat sulit di lakukan. Kotoran keras ini pun akan menggesek bibir anus sehingga pembuluh darah di sekitar bibir anus akan teriritasi, kadang bahkan pecah. Otot maupun syaraf akan tergencet oleh kotoran yang keras itu inilah lantas mengapa wasir akan menimbulkan rasa sakit.

2. Diare

Sebenarnya ini adalah keadaan yang berkebalikan dengan konstipasi karena kotoran orang diare akan lunak dan cenderung cair. Namun keadaan yang dibenci oleh bibir anus adalah terlalu sering buang air besar. Orang diare akan cenderung sering mengejan, sering kali di iringi dengan kekuatan lebih agar kotoran bisa keluar semua. Tentu hal ini dilakukan agar tidak bolak-balik  ke WC . Kondisi ini membuat bibir anus terluka sehingga terjadi wasir.

3. Terlalu banyak duduk

Walau tidak beresiko besar, umumnya orang yang kebanyakan duduk akan lebih beresiko terkena wasir daripada orang yang menghabiskan waktunya untuk berdiri atau berjalan. Dengan lamanya duduk pembuluh darah vena pada daerah dubur akan tertekan sehingga akan mengakibatkan iritasi di daerah tersebut. Hal itulah yang menjadi cikal bakal terjadinya wasit.

4. Obesitas dan ibu hamil

Tekanan intra abdominal akan meningkat pada orang yang mengalami kelebihan berat badan.  Bobot tekanan itu akan meningkatkan tekanan pada vena rectum. Faktor lain adalah kehamilan. Selama kehamilan, tekanan dari janin di perut dan perubahan hormonal menyebabkan pembuluh hemorhoidal cenderung mengalami pembesaran. Persalinan juga menyebabkan peningkatan tekanan intra-abdomen. gejala ini biasanya hilang pasca melahirkan.

Pengobatan Wasir

Biasanya, wasir tidak membutuhkan pengobatan kecuali bila menyebabkan gejala. Obat pelunak kontoran atau pencahar bisa mengurangi gesekan yang terjadi antara bibir anus dan kotoran kotor. Hal ini tentu saja buruk jika tidak di cari penyebab kenapa kotoran bisa keras karena pangkal masalah adalah kotoran keras itu sendiri.

Bagaimana penderita wasir yang mengalami perdarahan? penderita wasir yang mengalami perdarahan akan disuntik dengan skleroterapi. Dengan suntikan ini, pembuluh vena digantikan oleh jaringan parut ( scar ).

ligasi pita karet  bisa dilakukan pada wasir dalam yang besar dan tidak bereaksi terhadap suntikan skleroterapi, dengan cara ini wasir menjadi layu dan putus tanpa rasa sakit. Pengobatan ini dilakukan dengan selang waktu 2 minggu atau lebih. Mungkin diperlukan 3-6 kali pengobatan.

Wasir juga bisa dihancurkan dengan menggunakan laser, sinar infra merah ( fotokoagulasi infra merah ) atau dengan arus listrik (elektrokoagulasi).

Jalan terakhir bila semua usaha di atas tidak membuahkan hasil adalah dengan cara Pembedahan. Yaitu mengambil benjolan atau luka bengkak dengan jalan operasi.

Pencegahan

Usaha pengobatan mungkin adalah cara terakhir pada para penderita wasir. Yang paling penting sebenarnya adalah mencegah agar kita tidak terkena wasir atau mencegah agar wasir tidak menjadi semakin buruk. Pencegahan ini bisa berupa banyak makan serat, banyak minum air, mengurangi berat badan dan olahraga. Lebih jelasnya bisa anda baca di “ Cara-cara sederhana untuk mencegah dan mengobati wasir “

Oke. Wasir bukanlah penyakit berbahaya. Namun yang tidak berbahaya itu akan berubah menjadi berbahaya jika dibiarkan saja tanpa usaha untuk menyembuhkan atau menghindari penyebab penyakit ini. Karena itu jagalah selalu diri anda dari penyakit. Semoga yang terkena wasir bisa segera sembuh dan kembali melaksanakan aktifitas sehari-hari dengan nyaman. Salam...

Referensi : wikipedia,detik.com








Demikianlah Artikel Pengertian, penyebab dan pengobatan wasir yang wajib anda tahu!

Sekianlah artikel Pengertian, penyebab dan pengobatan wasir yang wajib anda tahu! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian, penyebab dan pengobatan wasir yang wajib anda tahu! dengan alamat link https://kolesterolampuh.blogspot.com/2013/10/pengertian-penyebab-dan-pengobatan.html

0 Response to " Pengertian, penyebab dan pengobatan wasir yang wajib anda tahu! "

Posting Komentar